Apakah Bayi Baru Lahir Harus Segera Disusui?

by - Maret 21, 2017

10 jam pasca melahirkan, dihitung sebagai hari pertama kelahiran bayi. Hal pertama yang dilakukan adalah breastfeeding untuk mengetahui apakah ASI sudah terproduksi atau belum.

Ideal nya, pada akhir kehamilan terjadi proses pembentukan ASI disebut laktogenesis pertama kali. Saat itu payudara memproduksi kolostrum (ASI berwarna kekuningan agak kental). Kolostrum dihasilkan sampai hari ketiga pasca melahirkan. Mengandung protein dua kali lipat dibanding ASI. Kolostrum kaya dengan antibody dan sel darah putih sebagai proteksi terhadap infeksi dan alergi. Kolostrum juga mengandung pencahar yang berfungsi untuk membersihkan mekonium, zat-zat pertumbuhan dan kaya Vitamin A.



Gak apa-apa ya Moms keluarnya masih sedikit, karena ukuran lambung si baby juga hanya sebesar biji kelereng, hanya cukup menampung 5-10ml. Asupan nutrisi bayi juga dapat tercukupi sampai usia lima hari karena masih ada cadangan lemak coklat ditubuhnya.

Jadi, moms gak perlu khawatir jika ASI nya masih sedikit pada hari-hari pertama melahirkan karena bayi juga hanya membutuhkan sedikit ASI pada awal kehidupannya.

Di hari kedua dan ketiga pasca melahirkan masih terjadi laktogenesis kedua. Dan harusnya produksi ASI semakin banyak. Teruslah lakukan breast feeding, pada prinsipnya semakin sering payudara kita dikosongkan alias ASI nya kita berikan langsung ke anak kita atau kita pumping, maka semakin banyak juga ASI yang diproduksi.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.