Pertumbuhan Bayi Usia 6 Bulan

by - April 20, 2017

Halo Moms, memasuki usia 6 bulan bayi sudah harus diperkenalkan dengan makanan pembantu ASI atau MPASI. Sebelum kita membahas MPASI dan menu terbaiknya, baiknya kita terus memantau perkembangan si kecil. Berikut ini perkembangan motorik kasar untuk bayi usia 6 bulan.


1. Bayi sudah mampu duduk sendiri tanpa bantuan

Untuk awal tentu dia masih sering terjatuh karena sedang mencoba menjaga keseimbangan. Moms harus memberi perhatian lebih pada si kecil, karena biasanya si kecil bangun untuk duduk menggunakan bantuan tangan dan kepalanya sehingga saat terjatuh dengan pengawasan Moms akan menghindari terjadinya cidera pada bayi.


2. Mampu menggulingkan tubuhnya untuk berpindah tempat

Diusia sebelumnya, bayi sudah sering berlatih menggulingkan tubuhnya. Memasuki usia 6 bulan, dia sudah mulai mahir dan cepat saat menggulingkan tubuhnya untuk berpindah tempat. Moms bisa menstumulus si kecil dengan mengajaknya bermain dengan benda yang ia senangi, ajak si kecil untuk meraih benda tersebut dengan jarak yang tidak terlalu dekat, sehingga dia terpancing untuk meraih benda tersebut dengan cara menggulingkan tubuhnya.


3. Mulai belajar merangkak

Tahapan berikutnya, si kecil akan sedikit demi sedikit belajar merangkak. Ia akan mengangkat tubuhnya dengan bantuan tangan dan kaki atau lututnya. Tingkatkan pengawasan pada si kecil ya Moms untuk menghindari cidera.


4. Aktif menggerakan kakinya berjalan

Si kecil mungkin sudah bosan terlalu lama berbaring, apalagi sekarang ia sudah mulai belajar untuk merangkak. Salah satu perkembangan yang bagus pada bayi usia 6 bulan juga dapat terlihat jika anda memgang pinggangnya, anak bersemangat untuk menggerakan kedua kakinya dan belajar berjalan.

Tingkatkan pengawasaan kita pada si kecil ya Moms karena si kecil sudah mulai banyak bergerak. teruslah support si kecil untuk melakukan gerakan-gerakan yang mampu melatih motoriknya.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.