Pemberian ASI Perah: Menghangatkan ASIP

by - Mei 15, 2017

Salah dalam menyajikan ASIP dapat merusak kandungan nutrisi ASIP yang dibutuhkan bayi. Tentu saja hal tersebut dapat menghambat tumbuh kembang si kecil karena under 6 months old bayi hanya mengandalkan ASI yang diberikan ibunya. Untuk itu perlu sekali edukasi seputar penyajian ASI yang tepat untuk seorang ibu, ayah, termasuk anggota keluarga lain yang membantu menjaga si kecil atau baby sitter jika anda menggunakan jasa baby sitter/nanny. 


Pemberian ASI Perah: Menghangatkan ASIP


  • Ambil ASI berdasarkan waktu pemerahan (first in first out). Jika stok ASIP sangat melimpah, Anda bisa mencampur stok ASIP terdahulu dengan ASIP terbaru karena prinsipnya ASIP terbaru masih fresh dan bagus untuk dikonsumsi bayi.
  • Jika ASI beku, cairkan di bawah air hangat mengalir. Untuk menghangatkan, tuang air bersih hangat dalam wadah, simpan ASIP didalam wadah berisi air hangat tersebut. Tidak dianjurkan menghangatkan ASIP dengan microwave/oven, dengan air mendidih atau direbus karena akan merusak kandungan gizi pada ASIP.
  • Teteskan pada punggung tangan untuk mengetes apakah ASIP terlalu hangat atau tidak. Jika terlalu hangat, diamkan beberapa menit agar suhunya turun dan bisa diberikan pada bayi.
  • Tuang ASIP pada botol susu untuk diberikan pada bayi. Jika Anda khawatir bayi bingung puting, Anda bisa memberikan ASIP dengan sendok atau pipet kecil.
  • Goyangkan botol ASIP secara perlahan agar ASIP yang mengendap tercampur dengan baik. INGAT JANGAN MENGOCOK ASIP KARENA AKAN MERUSAK KANDUNGAN GIZI ASIP.

Jika ASIP yang sudah dihangatkan tidak habis diminum bayi, sebaiknya dibuang, jangan dimasukan ke kulkas atau freezer kembali. Biasanya saya hanya menggunakan ASIP yang dihangatkan maksimal 2 jam, lebih dari itu saya tidak berikan pada NafeesaAli.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.