Penyimpanan ASIP selama perjalanan pulang kerja sampai tiba di rumah

by - Mei 15, 2017

Jam pulang kantor adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh seorang ibu yang sudah menghabiskan waktunya seharian di kantor. Rasanya tak ingin berlama-lama di perjalanan, terbayang selalu senyum dan gelak tawa si kecil. Ibarat handphone yang dipake seharian nyaris lowbat, kembali optimal tenaganya setelah di charge, itu juga yang terjadi kepada saya, selalu ingin buru-buru absen pulang dan bertemu NafeesaAli. Tapi Moms, meskipun ingin cepat sampai di rumah jangan lupa membawa pulang ASIP hasil pumping hari ini ya. Selalu pastikan membawa pulang ASIP dengan baik dan benar agar kualitas ASIP tetap terjaga. Bagaimana sih cara membawa ASIP dari tempat kerja ke rumah? Yuk, simak info yang dibawah ini:

  • Pastikan botol ASIP atau breast milk bag tertutup rapat.
  • ASIP dimasukan ke dalam termos berisi es batu atau cooler bag atau cooler box berisi ice gel.
  • Pastikan suhu di termos/cooler bag/cooler box dingin, dan posisi ASIP bersentuhan dengan es batu atau ice gel.
  • ASIP sudah aman dibawa dalam perjalanan.

Sesampainya di rumah, amankan terlebih dahulu ASIP ya Moms, simpan di tempat yang kering dan bersih. Selengkapnya tentang CARA PENYIMPANAN ASIP SETELAH TIBA DI RUMAH: 
  • Setelah sampai di rumah, ASIP dimasukan ke kulkas selama 1 jam sebelum dimasukan ke freezer.
  • Jangan simpan ASIP di dekat pintu, untuk menghindari ASIP rusak karena adanya perubahan suhu saat membuka dan menutup kulkas.Pastikan menyimpan ASIP di bagian dalam freezer.
  • Jika di rumah tidak ada kulkas atau freezer, Anda bisa menyimpan ASIP di termos berisi es batu tentunya dengan batas waktu tertentu.
  • Cucilah peralatan pumping untuk digunakan esok hari di kantor.
Jika Moms berada di rumah, usahakan selalu menyusui bayi secara langsung, selain membantu produksi ASI semakin banyak juga menjaga agar stok ASI mencukupi saat Moms bekerja. Jika Moms menggunakan jasa baby sitter atau nanny, berikan edukasi yang tepat seputar pemberian ASIP pada bayi, jika salah dalam menghangatkan ASIP, selain kandungan nutrisi ASIP rusak juga dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan bayi. Selengkapnya tentang Pemberian ASIP: Menghangatkan ASIP.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.