Perlengkapan Bayi Yang Wajib Dimiliki Sebelum Melahirkan

by - Agustus 28, 2017

Kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga adalah kebahagiaan baru untuk Anda dan pasangan. Bagi sebagain pasangan suami-istri, memiliki buah hati adalah impian dan cita-cita terbesar dalam berumah tangga, sehingga ada beberapa pasangan yang sudah bertahun-tahun menikah belum memiliki momongan, mereka mencoba mencari solusi dengan berbagai cara, mulai dari konsultasi dokter hingga pengobatan tradisional. Namun, tidak sedikit pasangan yang baru menikah langsung dikaruniai momongan.




kehadiran anak pertama memberikan kesan dan pengalaman yang berbeda untuk orang tua, terutama pasangan muda yang baru saja menikah kemudian langsung dikaruniai si kecil pasti akan sedikit repot menyiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan saat istri hamil dan saat si kecil sudah lahir. Moms, selain perlengkapan pakaian sehari-hari untuk bayi, sedikitnya ada lima kelompok perlengkapan yang harus disiapkan saat si kecil terlahir, yaitu perlengkapan tidur, mandi, makan, alat kesehatan dan perlengkapan bepergian bayi.

1. Perlengkapan pakaian bayi

Untuk perlengkapan pakaian bayi pilihlah kain yang lembut, tidak panas dan memiliki daya serap bagus sehingga nyaman saat dikenakan si kecil. Hindari juga pakaian bayi bergambar dengan jahitan menembus kebagian dalam pakaiannya karena dapat membuat si kecil tidak nyaman atau mengakibatkan ruam akibat gesekan. Pakaian bayi yang harus dimiliki yaitu:


  • Setelan baju tangan panjang dan celana panjang, perlu dimiliki untuk dikenakan si kecil saat udara dingin atau pada malam hari.
  • Atasan lengan pendek dan celana pendek, bisa dikenakan si kecil saat udara terasa panas atau gerah. Cocok dikenakan di siang hari saat bersantai siang.
  • Topi bayi, bisa juga berupa bahan rajut yang halus dan dapat menghangatkan si kecil serta melindungi bagian kepalanya yang masih halus.
  • Sarung tangan dan kaus kaki bayi, penting juga dibeli mengingat daya tahan tubuh si kecil belum seimbang saat menyesuaikan dengan suhu di ruangan. Selain itu, sarung tangan juga dapat melindungi dari cakaran kukunya sendiri.
  • Popok kain bayi, belilah lebih banyak untuk siaga jika si kecil sering mengompol agar tidak kekurangan popok. Sama seperti yang lainnya, pilihlah popok dengan kain yang halus dan daya serap yang bagus serta ukuran yang pas untuk menghindari gesekan pada kulit halus bayi.
  • Napkin bayi, untuk newborn napkin memang belum digunakan namun ini akan bermanfaat ketika si kecil sudah mulai MPASI.
  • Jaket atau sweater, untuk berjaga-jaga saat cuaca di musim hujan, selain baju dan celana panjang, jaket atau sweater juga harus dimiliki.
  • Bedong bayi, Anda bisa membeli bedong bayi instan atau yang masih berbahan kain.
  • Kaos dalam/singlet.
2. Perlengkapan tidur bayi



3. Perlengkapan mandi bayi


Untuk perlengkapan mandi, khususnya yang langsung kontak dengan kulit seperti bedak, minyak telon, baby wipes, sabun dan yanglainnya, pilihlah yang benar-benar aman. Jika saat pemakaian pertama muncul kemerahan pada kulit si kecil sebaiknya hindari pemakaian produk tersebut dan segera konsultasi ke bidan atau puskesmas untuk mendapatkan salep anti iritasi sebelum menyebar ke anggota badan yang lain. Perlengkapan mandi bayi yang harus dimiliki seperti:



4. Perlengkapan makan bayi

  1. Botol susu
  2. Sabun dan Sikat botol
  3. Container susu
  4. Sabun cuci botol food grade
Untuk Anda yang memberikan susu formula tentunya ada beberapa barang additional yang bisa Anda beli atau digantikan fungsinya dengan yang lain, seperti bottle sterilizer dan warmer, bisa Anda gantikan dengan air hangat. Namun thermos air panas ini harus dimiliki untuk membuat susu formula agar tidak selalu memasak setiap kali membutuhkan.

5. Perlengkapan kesehatan bayi



6. Perlengkapan bepergian bayi

  1. Tas, dengan beberapa kompartemen di dalamnya untuk menyimpan perlengkapan si kecil
  2. Gendongan bayi
  3. Stroller
  4. Mainan bayi
  5. Bantal kecil atau bantal leher

Banyaknya perlengkapan bayi yang harus disediakan menjelang kelahiran tentu cukup menguras isi dompet. Disinilah peran suami-istri dibutuhkan, dimana salah satunya saling mengingatkan untuk tidak berlebihan membeli semua barang yang pemakaiannya tidak lama atau bisa digantikan fungsinya dengan barang lain yang sudah ada di rumah. Yang harus menjadi fokus justru biaya persalinan nanti yang tidak bisa ditawar lagi.

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.