Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Anak Usia 1-8 tahun

by - Agustus 28, 2017

Sebelumnya saya sudah membahas waktu tidur yang ideal untuk bayi, kali ini saya akan membahas waktu tidur yang dibutuhkan balita dan anak diatas 1 tahun. Semakin besar anak akan semakin sulit ia diajak tidur siang karena ia lebih tertarik untuk bermain bersama temannya atau dengan mainan favoritnya. Berapa jam kah waktu ideal yang dibutuhkan anak untuk tidur setiap hari?




Moms, tidur berperan penting untuk pertumbuhan anak-anak, terutama pada usia satu hingga delapan tahun, masa dimana ank tengah tumbuh dan berkembang dengan pesat. pastikan anak-anak telah tercukupi waktu tidurnya. Jika si kecil masih sulit diajak tidur tepat waktunya, nampaknya Moms harus mengajak si kecil berbicara soal pentingnya tidur bagi kesehatannya agar ia mulai mau belajar disiplin baik itu tidur siang maupun tidur di malam hari. Berikut ini adalah waktu tidur yang ideal untuk anak-anak usia satu sampai delapan tahun:

Usia 1 Tahun

Sekitar 14 jam. di usia satu tahun, ia akan tidur sekitar 11 jam di malam hari dan dua kali tidur siang. Memasuki usia 1 tahun, si kecil memang sudah sangat aktif, semangatnya untuk bermain dan berjalan membuatnya sulit tidur siang. Sedikitnya ia akan tidur satu sampai dua kali tidur siang ataukurang dari itu.

Usia 1,5 Tahun
Sekitar 13 – 14 jam. Sama seperti saat usianya 10 bulan, ia akan tidur 11 jam di malam hari, dan sedikit tidur di siang hari. Si kecil sudah sedikit meluapakan kebiasaan tidur pagi menuju siang, sekarang sikecil cenderung tidur di siang ke sore hari karena lelah setelah bermain.

Usia 2 Tahun
11 – 14 jam. Sebaliknya, sebagian besar anak usia 2 tahun waktu tidurnya akan lebih lama dibandingkan dengan anak usia dibawah 2 tahun. Mereka merasa nyaman dengan tidur siang dan membutuhkan waktu sekitar 10-12 jam tidur di malam hari.

Usia 3 Tahun
Sekitar 10 -13 jam. Saatnya Anda memberikan tempat tidur baru nampaknya karena si kecil ternyata juga bertambah tinggi loh Moms. Sebagian anak-anak usia 3 tahun menyukai tidur siang, namun tidak sedikit dari mereka yang tidur hanya di malam hari namun dengan waktu yang panjang.

Baca juga : Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Bayi Usia 0-12 Bulan

Usia 4-5 Tahun
Sekitar 10 – 13 jam. Sebagian orangtua sudah mendaftarkan anaknya di pre-school, PAUD atau TK ketika memasuki usia 5 tahun. Semakin banyak kegiatan yang mereka lakukan, semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk bersantai. Ketika siang hari, sebagian anak-anak menyempatkan tidur siang sekitar satu sampai dua jam, namun jika mereka tidak sempat tidur siang biasanya anak-anak akan tidur lebih awal saat malam hari.

Usia 6-8 Tahun
Sekitar 9-12 jam di malam hari. Tidur siang sudah mulai ditinggalkan anak-anak, selain karena kegiatan sekolah dan les, mereka juga sudah memiliki hobi atau aktifitas favorit mereka. Sehingga anak-anaklebih memilih tetap beraktifitas seperti membaca cerita, bermain bola, bermain boneka, atau bermain dengan temannya dibandingkan tidur siang. Moms, anak-anak pada usia ini terkadang mengalami mimpi buruk sehingga mereka sulit tidur, mendampinginya sebelum tidur membuatnya lebih tenang. Anda bisa membacakan cerita pengantar tidur atau mengajaknya berdoa bersama sebelum tidur.

Baca juga : Meningkatkan Rasa percaya Diri pada Anak

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.