Mengatasi Nyeri Atau Kram Perut Saat Menstruasi

by - October 16, 2017

Sakit perut dan area bawah tubuh menjelang atau beberapa saat di awal menstruasi merupakan gejala yang umum dirasakan oleh setiap perempuan on their period. Sekalipun pada sebagian perempuan, terasa sangat menyiksa, tetapi sebenarnya kondisi ini bukan disebabkan karena gangguan penyakit tertentu, melainkan karena otot perut berkontraksi sangat intens untuk mengeluarkan darah dari dalam rahim sehingga memicu ketegangan atau kram pada bagian perut bawah.

PMS, menstruasi, kram perut


Saya pun pernah mengalami rasa sakit yang berlebihan saat menstruasi dan itu sangat mengganggu, selain muncul so much pain, aktifitas juga jadi terganggu. Biasanya rasa nyeri pada pinggang dan punggung ini muncul di hari pertama sampai hari ketiga saat haid.
Setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan, beliau pun memberikan resep obat pereda nyeri yang bisa saya minum saat benar-benar nyeri hadi tak tertahankan. Obat tersebut cukup manjur, saya paling meminumnya dihari pertama saja, berikutnya saya minum ramuan tradisional yang saya buat sendiri, seperti beras kencur, kunyit asam dan jahe. Obat pereda nyeri ini banyak sekali jenisnya, so if you wanna try please ask your doctor firstly.


Kram pada bagian tubuh saat menstruasi akan sedikit berkurang dengan beristirahat, lakukan hal dibawah ini untuk membantu meredakan nyeri saat haid:
1. Kompres bagian tubuh yang terasa sakit dengan air hangat.
2. Minum air hangat sesuai selera, dianjurkan minuman tinggi kalsium.
3. Berendam atau mandi air hangat.
4. Memijat lembut bagian tubuh yang terasa nyeri.
5. Ambil posisi sujud untuk relaksasi otot rahim sehingga nyeri mereda.
6. Konsumsi makan makanan yang sehat serta kaya serat dan kalsium.

Kamu boleh sharing juga tips mengatasi nyeri saat menstruasi dibawah ya, siapa tau tips kamu manjur dan bermanfaat untuk orang lain.

You May Also Like

0 komentar

Budayakan berkomentar yang sopan Thanks