Tips Memilih Botol Minum Anak

by - October 21, 2017

Bagaimana cara memilih botol susu yang aman? Setelah Nafeesa memasuki usia 1 tahun, sudah banyak sekali botol susu dan botol minum yang dibeli untuk si kecil, mulai dari yang berbentuk botol, gelas, dot, hingga sedotan. Sempat mengalami kesulitan saat membeli botol minum untuk si kecil, trial and error sampe-sampe saya mengoleksi botol minum untuk Nafeesa.
Botol minum anak anak, BPA FREE, botol minum bayi, botol susu anak, botol susu bayi

Nah, untuk Moms yang sedang mengalami dilema memilih botol susu yang tepat untuk bayi atau anak, bisa baca tips dibawah ini:

 

1.Pilih bahan botol minum yang aman

Moms, dapat memilih botol minum dengan bahan plastic, kaca atau stainless steel. Masing-masing bahan memang memiliki kelamahan dan kelebihan. Botol kaca memiliki kemampuan anti bakteri namun rawan pecah sehingga banyak orang tua yang memilih botol dengan bahan plastic. 

Pilihlah botol minum plastik dengan BPA-Free. Moms juga dapat memilih botol minum yang terbuat dari plastik dengan nomor 2 dan 5 atau bertuliskan huruf LDPE, HDPE atau huruf PP.
Hindari botol minum yang bertuliskan nomor 7 atau memiliki keterangan PC (polycarbonate),  PVC, PS atau PET dibagian bawah botol karena kualitas plastik yang digunakan berkualiats rendah. Secara kasat mata, sebaiknya Moms memilih botol minum dengan plastik yang terang dan bersih atau tidak buram karena botol yang buram biasanya terbuat dari polietilen atau polipropilen.

 

2. Memilih dot atau pipet yang lembut

Moms, ada beberapa botol minum yang dapat digunakan dalam waktu yang panjang. Biasanya botol minum ini dibekali dot dan sedotan atau pipet. Moms, dapat memilih dot dan sedotan dengan ukuran dan bentuk yang pas untuk si kecil serta berbahan lembut sehingga aman digunakan si kecil dan tidak melukai gusinya saat tumbuh gigi.

Baca juga : Sukses Menyusui Dengan Little Giant Mini Electric

 

3. Cek manfaat dan fungsinya

Biasanya saya memilih botol minum dengan banyak fitur yang memiliki manfaat lebih, seperti:
  • Memiliki tutup botol, sehingga air didalam botol terjaga kebersihannya dari bakteri dan debu.
  • Memiliki handle yang nyaman digenggam si kecil, sehingga ia dapat belajar minum sendiri.
  • Memiliki tali (optional) agar mudah dibawa berpergian.
  • Botol minum anti tumpah dan tidak makan tempat didalam tas.
  • Mudah dijangkau saat dibersihkan.

 

4.Masa penggunaan yang lama

The last is long lifetime usage ya Moms, artinya botol minum ini awet dan tidak mudah pecah.

You May Also Like

0 komentar

Budayakan berkomentar yang sopan Thanks