Tips Mencuci Baju Agar Tidak Bau Apek Saat Musim Hujan

by - October 18, 2017

menghilangkan bau apek pada baju, tips mencuci saat musim hujan, tips menghilangkan bau apek pada baju, mesin cuci, musim hujan

Cuaca memang sedang tidak menentu ya Moms, sebagian kota di Jakarta ada yang sering diguyur hujan namun sebagian wilayah lain masih jarang menemukan hujan ya Moms. Beberapa hari yang lalu Jakarta sempet diguyur hujan berhari-hari, karena saya memiliki bayi usia 1 tahun yang masih harus sering genti-genti celana dan baju, dengan datangnya hujan berturut-turut membuat pakaian numpuk dijemuran tak kunjung kering dan kehabisan baju si kecil. Pernah mengalami hal serupa Moms? Baca lebih lanjut yuk tips mencuci baju di musim hujan dibawah ini:

1. Memilih sabun dan deterjen berkualitas dengan aroma sesuai selera
Yang pertama kali dipertimbangkan oleh ibu rumah tangga saat memberli deterjen biasanya dilihat dari harganya yang murah tapi banyak busanya. Terjadi pula pada saya, saya sering mencoba banyak merek deterjen. Iseng-iseng karena promo diskon di super market atau karena tergoda iklan tapi sejak memiliki bayi, prioritas saya yaitu deterjen yang aman untuk si kecil, mampu menghilangkan noda bandel serta memiliki aroma yang lembut.
 
2. Bisa menambahkan pewangi pakaian
Selain deterjen, Anda juga menambahkan pewangi pakaian pada bilasan terakhir cucian Anda atau saat menyetrika pakaian tersebut sehingga mampu mengusir bau karena kurang matahari.
 
3. Gunakan pengering pakaian
Salah satu cara agar pakaian kering lebih cepat yaitu menggunakan mesin pengering yang ada pada mesin cuci. Mesin pengering pada setiap mesin cuci memang memiliki kualitas pengeringan yang berbeda-beda tergantung berapa tingkat kecepatan putarannya. Semakin cepat maka semakin banyak perasan air yang dikeluarkan.
 
Moms, perlu diketahui juga bahwa kecepatan putaran pada mesin cuci juga harus disesuaikan dengan jenis pakaian yang Anda cuci. Hindari menggabungkan cucian berukuran besar dengan pakaian ukuran kecil karena akan membuat pakaian kecil tertutup dan tidak kering maksimal.
Kemudian, pakain dengan tekstur halus dan pakaian rajut juga lebih baik menggunakan pengering dengan kecepatan putaran ringan agar tidak merusak pakaian Anda.
 
Segera kelurkan cucian dari tabung mesin cuci setelah selesai dan bersih agar tidak bau apek karena tabung mesin cuci yang lembab dapat memicu timbulnya bau apek pada pakaian.
 
4. Jemur cucian di tempat terbuka
Meskipun cucian sudah dikeringkan dengan mesin pengering namun bukan berarti Anda langsung dapat memakainya ya Moms. Anda tetap harus menjemur pakaian di tempat yang beratap agar tidak terkena hujan namun tetap harus di tempat terbuka agar cucian terkena angin sehingga lebih cepat mengering dengan maksimal. Berikan jarak dari satu pakaian dengan pakaian lain serta menjemur pakaian dengan cara digantung menggunakan hanger juga dianjurkan agar pakaian cepat kering.


Baca juga : 6 Tips Melatih Disiplin Pada Anak

5. Tidak menumpuk cucian
Moms, ini juga penting loh, menumpuk pakaian kotor berhari-hari untuk dicuci dalam satu waktu saat musim hujan bukan pilihan yang tepat. Karena Anda harus menunggu cukup lama untuk mencuci dan menjemur pakaian secra bergantian. Menjemur pakaian terlalu rapat dan padat juga akan membuat pakaian lama mengering dan lembab.
 
6. Segera setrika baju agar tidak lembab dan muncul bau apek
Sebaiknya Moms segera merapikan dan menyetrika pakaian yang sudah kering dan menyimpannya di tempat yang kering sehingga tidak memicu bau apek pada pakaian Anda.

Nah, Moms diatas adalah tips mencuci dan menghilangkan bau apek saat musim hujan yang bisa Moms coba di rumah. Apakah Moms memiliki cara lain untuk menghilangkan bau apek pada pakaian di rumah? Boleh share disini juga Moms.


Baca juga : 5 Ide Sederhana Merawat Diri untuk Mama Super Sibuk

You May Also Like

0 komentar

Budayakan berkomentar yang sopan Thanks