6 Hal Ini Bantu Sembuhkan Batuk Pilek Pada Anak

by - November 02, 2017

Musim hujan telah tiba ya Moms, senangnya cuaca jadi tidak terlalu gerah di siang hari. Gak tau kenapa ya Moms, melewatkan suasana mendung seharian di rumah tuh asyik banget, apalagi ditemani si kecil. Suasananya terasa makin hangat dan kompak, bisa nyanyi bareng, bikin cemilan bareng atau nonton film kartun favoritnya menambah keseruan meskipun seharian berakltifitas di dalam rumah.




Tapi, musim hujan yang ditunggu-tunggu kini menjadi satu hal yang paling ditakuti. Kenapa? Karena si kecil rentan terkena sakit di musim hujan. Mulai dari batuk, pilek, demam hingga penyakit berbahaya yang harus diwaspadai seperti demam berdarah, typus, dan diare.
Beberapa minggu terakhir, nampaknya banyak klinik yang sedang ramai pengunjung dengan gejala yang sama yaitu batuk, pilek dan demam. Moms, penyebaran virus dan bakteri memang bisa melalui media apa saja dan dari siapa saja. Perlu usaha ekstra untuk menjaga kesehatan keluarga, terutama si kecil. Berikut ini adalah tips agar si buah hati lekas sembuh saat terserang batuk dan pilek:

 

1. HINDARI JAJAN SEMBARANGAN

Saat si kecil sudahh terserah batuk dan pilek, sebaiknya si kecil memakan makanan dari rumah dari pada jajan sembarangan yang tidak ketahui kebersihannya. Menyiapkan sarapan hingga makan malam serta cemilan untuk si kecil mungkin agak sedikit repot, namun hal tersebut tentu saja baik untuknya. Selain rasanya yang bisa disesuaikan dengan selera keluarga Anda, juga terjaga kebersihannya karena diolah sendiri.


Baca juga : Pentingnya Merawat Gigi Anak Sejak Dini


2. PERBANYAK MINUM AIR MINERAL

Moms harus mematikan anak mendapatkan cairan yang cukup berdasarkan kebutuhannya menurut usia dan jenis kelamin si kecil, terutama saat terserang batuk dan pilek. Moms, bisa berikan si kecil air hangat agar tenggorokannya tidak kering sehingga membantu meredakan batuknya. Misalnya, bayi usia 7 – 12 bulan memerlukan cairan sekitar 800 mL/hari, berbeda dengan anak usia 4-8 tahun yang membutuhkan cairan sekitar 1700 mL/hari.

 

3. KONSUMSI MAKANAN SEHAT, BUAH DAN SAYUR

Makanan sehat, termasuk didalamnya terdapat buah dan sayur merupakan hal terpenting mengingat bahwa makanan adalah sumber energy untuk si kecil. Untuk membantu memulihkan kesehatan si kecil, Moms dapat memberikan makanan kaya nutrisi dan tinggi serat seperti sop bayam, sop ayam mix jagung wortel. Tips untuk Moms yang memiliki anak diatas usia 7 tahun, Moms bisa buatkan ramuan jahe dengan tambahan gula jawa untuk menghangatkan tubuhnya.

 

4. ISTIRAHAT YANG CUKUP

Selain makanan, istirahat yang cukup juga membantu penyembuhan batuk dan pilek si kecil. Penyakit cenderung mudah menyerang si kecil terutama bayi dan balita saat daya tahan tubuhnya menurun. Oleh karena itu, penting untuk menjaga pola tidur si kecil agar mood dan kesehatannya tetap terjaga.

 

5. BERJEMUR DIBAWAH MATAHARI PAGI

Saat sedang sakit, setiap orang cenderung lebih memilih untuk tidur seharian dibalik selimut, termasuk orang dewasa sekali pun. Padahal berjemur dibawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi merupakan hal positif yang seharusnya dilakukan saat terkena batuk dan pilek. Berjemur dibawah sinar matahari memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu dapat membantu membunuh kuman dan virus serta mampu mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang si kecil.

 

6. MANDI AIR HANGAT

Saat si kecil terserang batuk dan pilek, moms bisa memandikan si kecil dengan air hangat suam-suam kuku. Mandi air hangat dapat memberikan efek relaks pada di kecil namun tentu saja tidak terlalu lama ya Moms, untuk menghindari si kecil masuk angin.

Baca juga : Mencuci Tangan Yang Baik dan Benar

You May Also Like

2 komentar

  1. duh berguna banget inih, pas cuaca beginih, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mba putu ayu, semoga bermanfaat ;)

      Delete

Budayakan berkomentar yang sopan Thanks