Lakukan 6 Hal Ini Di Pagi Hari Agar Kamu Lebih Bahagia

by - Januari 18, 2018


Pernah gak sih kamu merasa kalo it’s my bad day? Dulu ya, waktu jaman masih SMA sering banget merasa “kok hari ini apes banget” atau merasa bad mood seharian dan bawaannya pengen marah-marah. Gak jarang, perasan bad mood sendiri tiba-tiba muncul tanpa tau sebab pastinya, ujung-ujungnya merasa gak ada yang peduli sama kita padahal teman-teman sekelas sudah coba ngajak ngobrol atau menghibur tapi emang dasar saya yang lagi sensitive jadi yang dirasa cuma kesel.

Itu dulu ya, dan please jangan diikuti, ini bener-bener sikap tidak baik yang gak cuma kita aja yang rugi tapi juga oranglain ikut kena dampaknya.

Kemudian saat memasuki masa kuliah, saya coba healing sendiri perasaan tersebut. Dari sekian banyak saran dan informasi yang saya dapatkan, pada intinya untuk mendapatkan hati yang tenang dan damai harus disupport dengan kehidupan yang stabil. Kita harus aware dengan kebutuhan tubuh dan jiwa, mulai dari kebutuhan jasmani seperti  istirahat, belajar, rekreasi, bekerja, berolah raga, makan hingga kebutuhan rohani seperti beribadah.

Berikut ini adalah kebiasaan baik yang bisa membantu membuat hidup kita lebih bahagia dan yang pasti kebiasaan ini juga membantu menyingkirkan perasaan tidak baik seperti diatas.


manfaat bangun pagi, cara agar hidup bahagia, manfaat olah raga, manfaat sinar matahari pagi, aktifitas di pagi hari

1. BANGUN LEBIH PAGI

Sebelum merencanakan hal-hal luar biasa yang akan kamu lakukan hari ini, sebaiknya kamu berusaha untuk bangun pagi terlebih dahulu. Aktifitas bangun pagi ini lumayan agak sulit jika tidak dibiasakan dan dipaksakan. Banyak manfaat yang akan kamu rasakan dengan bangun lebih pagi, selain itu kamu juga memiliki banyak waktu luang di pagi hari untuk melakukan banyak aktifitas lain atau bahkan sekedar duduk minum teh sambil menikmati udara pagi.

Baca Juga : Remaja Wajib Tau, Mengapa Perempuan Mengalami Menstruasi ???

2. SELALU MENJAGA KESEHATAN

Sehat adalah harta yang paling berharga, apalagi masa muda dengan tubuh yang sehat adalah masa keemasan yang harus dirawat dan dipelihara. sehat itu dipupuk darihal kecil sehingga dampak positifnya dapat senantiasa kita rasakan, seperti membiasakan diri minum segelas air putih dipagi hari, berolahraga atau melakukan aktifitas tubuh yang ringan agar lebih fresh.


3. SIMPAN HANDPHONE-MU SEMENTARA WAKTU

Saat masih gadis, kebiasaan buruk yang kerap kali saya lakukan yakni menyimpan handphone dekat dengan saya saat akan tidur malam. Bahkan saya sering menyimpan handphone disamping bantal dan kepala saya. at least, saat bangun pagi, yang saya sentuh pertama kali yaitu handphone saya dan dengan refleks saya langsung mengcek email dan social media.

Untuk semua anak muda, kebiasaan buruk saya ini harus dihindari. Karena kebiasaan mengecek email dan social media dipagi hari ini memiliki dampak kurang baik untuk mood dan kesehatan kita. Ini benar-benar saya rasakan, saya sering merasa bad mood saat setelah membuka social media dan mendapati informasi atau update-an seseorang yang kurang saya sukai. Hal seperti ini lah yang harus kita hindari. Sayang banget rasanya merusak suasana pagi yang sejuk hanya karena social media apalagi yang isinya curhatan dan keluhan orang lain.


manfaat bangun pagi, cara agar hidup bahagia, manfaat olah raga, manfaat sinar matahari pagi, aktifitas di pagi hari

4. BERSYUKUR

Kegiatan rutin berdoa dan bersyukur dipagi hari termasuk kebiasaan baik yang memberikan energy positif untuk diri kita sendiri. untuk umat muslim, berdoa dan bersyukur ini dapat dilakukan saat shalat subuh, kita bersyukur Karen masih diberi kesempatan untuk membuka mata kembali dan kita juga berdoa meminta kemudahan, keselamatan dan keberkahan untuk hari yang akan kita jalani. Kebiasaan seperti ini memiliki kekuatan tersendiri untuk siapapun yang mengamalkannya.

Baca Juga : Cegah Kanker Payudara Sejak Dini, Wanita Wajib Tau Sebelum Terlambat

5. MENIKMATI SUASANA PAGI

Sesekali cobalah kamu menikmati suasana pagi, mulai dari menikmati hangatnya sinar matahari saat terbit, udara yang masih sejuk, serta suasana tenang karena belum terlalu banyak orang beraktifitas, bahkan jalanan pun belum terlalu ramai. Duduk didepan rumah diteman teh manis hangat dengan menu sarapan ringan sudah cukup untuk menikmati suasana pagi.


manfaat bangun pagi, cara agar hidup bahagia, manfaat olah raga, manfaat sinar matahari pagi, aktifitas di pagi hari

6. MAKE YOUR TO DO LIST

Apakah kamu sering merasa bingung akan melakukan apa atau sering melewatkan hal-hal penting saat beraktifitas? Mungkin kamu bisa coba untuk create your to do list setiap hari. Saya biasanya membuat listing di malam hari, listing apa saja yang harus dan akan saya selesaikan. Kamu bisa coba juga membuat listing ini pada malam hari sebelumnya atau di pagi hari. Membuat planning sangat membantu untuk remainder apa saja yang tidak boleh terlewatkan setiap hari, it helps you organize your daily activity.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, semua kegiatan diatas saya lakukan hingga saat ini dan manfaatnya sangat terasa. Bangun siang hanya membuat pekerjaan saya tertunda semakin siang. Selain itu, bangun siang juga membuat saya sering terburu-buru mengerjakan sesuatu sehingga tidak maksimal.

You May Also Like

4 komentar

  1. Olahraga masih jadi PR buat saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dicoba untuk resolusi 2018 mungkin salah satunya rajin olahraga mba hee... ;D

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Waaa... Terima kasih infonyaaaa. Kalau saya to do list biasanya buatnya malm sblum tidur :)

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.