Tips Agar Budget Tidak Berlebihan Saat Liburan

by - Maret 16, 2018


Jika zaman dulu liburan hanya sekedar selingan di waktu luang, berbeda dengan sekarang. Saat ini  liburan sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Tidak lagi dilakukan ketika penat dan jenuh melanda, tetapi sudah beralih menjadi gaya hidup terutama bagi mereka yang selalu ingin eksis di media sosial dan juga karena ada banyak sekali promo tiket pesawat Citilink untuk digunakan agar dapat berlibur kemana saja.

hotel gilitrawangan, jalan-jalan hemat, hotel murah, diskon hotel, penginapan murah, dikon pesawat, citilink promo, promo hotel dan pesawat


Yang perlu dicatat, kadang saat liburan kita kurang bisa mengontrol pengeluaran sehingga sering terjadi over budget yang pastinya akan menganggu kebutuhan yang lainnya. Agar permasalahan tersebut tidak terjadi, maka perlu perencanaan yang matang. Nah, kali ini saya akan membahas tentang tips agar budget tidak berlebihan saat liburan. Apa sajakah itu?


1. Membuat Daftar Kebutuhan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum berlibur adalah membuat list atau daftar barang apa saja yang mungkin akan kita butuhkan saat liburan nanti. Daftar ini sebaiknya dibuat jauh-jauh hari sebelum kamu berangkat berlibur karena bisa membantu kamu memperkirakan dan mengontrol pengeluaran kamu selama liburan nanti.

Kamu bisa membuat daftar kebutuhan pokok dan daftar kebutuhan tambahan. Tiket dan akomodasi masuk ke dalam daftar kebutuhan pokok. Sedangkan belanja sebaiknya kamu masukkan ke dalam daftar kebutuhan tambahan. Dengan begitu kamu bisa memperkirakan pengeluaran kamu selama liburan nanti sehingga tidak akan mengalami over budget.

hotel gilitrawangan, jalan-jalan hemat, hotel murah, diskon hotel, penginapan murah, dikon pesawat, citilink promo, promo hotel dan pesawat


2. Tidak Membawa Kartu Kredit Atau ATM

Cari hotel dekat Gili Terawangan atau di tempat lainnya yang harganya murah meriah, karena semakin murah biaya penginapan maka akan semakin hemat budget yang dikeluarkan saat liburan. Selain itu cara lain mengurangi budget liburan terutama bagi kamu yang susah menahan godaan belanja, ada baiknya kamu meninggalkan kartu ATM maupun kartu kredit di rumah saja. Kamu cukup membawa uang cash secukupnya saja. Dengan cara tersebut kamu bisa menahan hasrat kamu untuk belanja barang-barang yang kurang kamu perlukan. Selain dengan hanya membawa uang cash secukupnya, kamu juga bisa menentukan batas budget yang akan kamu keluarkan saat liburan tersebut. Hal ini juga bisa membuatmu mengontrol pengeluaran dan menahan untuk tidak mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang kurang penting.

hotel gilitrawangan, jalan-jalan hemat, hotel murah, diskon hotel, penginapan murah, dikon pesawat, citilink promo, promo hotel dan pesawat


3. Berlibur Di Luar Musim Liburan Atau High Season

Salah satu cara yang bisa kamu coba untuk menghindari kelebihan budget saat liburan adalah dengan berlibur di luar musim liburan. Kenapa demikian? Saat musim liburan tiba, harga semua kebutuhan kamu saat liburan akan naik, mulai dari tiket perjalanan, biaya sewa hotel atau penginapan dan juga harga makanan di tempat kamu ingin berlibur nanti. Namun ada juga beberapa tempat seperti hotel dekat Gili Terawangan yang menawarkan harga sewa murah meriah untuk traveler di musim liburan, hanya saja dengan jumlah kamar yang terbatas.

Dengan berlibur di luar musim liburan, maka kamu akan terhindar dari itu semua dan pastinya budget kamu juga tidak akan membengkak. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan lainnya seperti lokasi liburan yang tidak terlalu ramai. Dengan begitu kamu bisa menikmati liburanmu dengan santai dan nyaman.


4. Jangan Berhutang Hanya Untuk Bisa Liburan

Pada dasarnya liburan hanya sebagai kebutuhan tambahan yang apabila tidak dilakukan juga tidak berpengaruh pada hidup kamu. Maka dari itu, jangan sampai kamu rela berhutang hanya demi mewujudkan hasrat kamu untuk liburan. Hal ini karena hanya akan membuat keuangan kamu semakin sulit saja.

Ada baiknya jika kamu berniat untuk berlibur, maka persiapkan dananya dari jauh-jauh hari dengan cara menabung. Hal ini bertujuan agar budget liburan tidak mengganggu kebutuhan kamu lainnya terutama kebutuhan primer. Selain itu, dengan menabung terlebih dahulu, kamu juga akan lebih menghargai uang kamu sehinga tidak mudah mengeluarkannya untuk kebutuhan yang kurang penting saat liburan nanti.


5. Ajak Teman Yang Suka Berhemat Saat Liburan

Cara terakhir yang bisa kamu coba agar liburan kamu tidak over budgeting adalah dengan mengajak teman yang suka berhemat. Hal ini bertujuan agar teman kamu bisa menahan dan mengingatkan kamu untuk menghabiskan uang kamu selama liburan untuk hal-hal yang tidak penting. Meskipun terkesan sederhana dan konyol, trik ini cukup ampuh untuk membuat kamu meredam keinginan untuk menggunakan lebih banyak uang saat liburan. 

Liburan dengan mengajak teman yang suka berhemat juga memiliki keuntungan lain seperti mendapatkan penginapan yang lebih murah dengan fasilitas yang pas dengan kebutuhan kamu, membantu menawar barang saat berbelanja dan masih banyak lagi. Penting juga untuk memesan hotel dekat Gili Terawangan dengan harga yang murah jika berkesempatan berkunjung ke lokasi ini, selain harga sewanya yang murah namun juga lokasinya yang dekat dengan berbagai tempat wisata lainnya.

hotel gilitrawangan, jalan-jalan hemat, hotel murah, diskon hotel, penginapan murah, dikon pesawat, citilink promo, promo hotel dan pesawat

Selain tips-tips di atas, masih ada lagi tips lainnya seperti memanfaatkan penawaran promo tiket pesawat Citilink atau promo lainnya dan juga diskon, memanfaatkan fasilitas gratis yang ada di tempat liburan nanti dan juga memilih liburan dengan backpacker pasti akan jauh lebih menghemat pengeluaran (asal sanggup). Jadi persiapkan liburanmu dengan matang agar tidak timbul masalah setelah kamu selesai liburan. 

You May Also Like

16 komentar

  1. nah iya bagus nih tipsnya, jangan ngutang hehe..
    aku juga seneng jalan sama temen yang doyan hemat juga mbak, jadi kita gak bakal boros ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, asik kalo partner kita hemat jadi terbawa hemat hihihi

      Hapus
  2. No 5 itu hubbyku banget!
    LoL! Mknya klo blanja asik bw dia.. Meski kadang kesel.. Tp demi kesehatan kantong bersm.. Hahaha.. Anyway, thank u buat tipsnya!

    Xoxo
    Blossomshine

    BalasHapus
    Balasan
    1. makin asik kalo dia juga punya banyak jurus bikin liburan seru tapi teuteup hematttt ya mba ^^

      Hapus
  3. Ini tips nya useful banget, thanks ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks for visiting my blog.... ^^ semoga bermanfaat

      Hapus
  4. Bener bgt nih haha tapi kalo ga bawa kartu atm tuh hampa bgt rasanya. Was was XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir semua orang sependapat sih soal ini, takut pas di waktu genting butuh ya mba tapi aku priobadi biasanya cuma saving seminim mungkin dana di ATM yang aku bawa waktu traveling, cuma buat cadangan doang kalo pun harus dibawa ;D

      Hapus
  5. Penting banget nih point yg gabawa kartu kredit dan atm, biar ga jebol karna kalap ya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Demia, ini pasti jadi PR banget buat kaum hawa ya ^^

      Hapus
  6. susah banget kayanya kalo ga bawa debit card gitu deh tapi ;-;

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat cadangan dana disaat budget mepetttt y...

      Hapus
  7. Duh berguna babget tipsnya nih. harusnya aku baca sebelum ke jogja kemarin. Berasa banget abis uangnya kalo abis liburan 😌

    aidacht.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat ya dear tips nya

      Hapus
  8. pas banget ini tipsnyaaaa. apalagi yg tidak bawa kartu kredit dan atm, aku anaknya latahan pengen belenjong soalnya ehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya cewek pasti ya kelemahannya soal belanja DAN DISKONNNNN ;D

      Hapus

Terimakasih telah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.